https://massamcrypto.com/ – Dominasi Ducati dalam menguasai MotoGP dalam tiga tahun terakhir mulai memudar seiring kebangkitan pabrikan Jepang, seperti Yamaha dan Honda sampai paruh pertama MotoGP 2025.
Tiga kali pole position milik Fabio Quartararo (Monster Energy Yamaha) dalam tiga seri terakhir, di GP Spanyol, GP Prancis, dan GP Inggris, telah menjadi bukti yang cukup untuk mengatakan bahwa pabrikan Iwata sedang bergerak ke arah yang benar.
Yamaha mulai bergeliat lagi dalam sesi-sesi kualifikasi dan mengalahkan dominasi Ducati yang selama ini sering menguasai setiap sesi.
Kemudian kemenangan Johann Zarco di balapan kacau pada GP Prancis, juga setidaknya membuktikan bahwa motor mereka juga mulai terus konsisten.
Semua itu memang tidak cuan128 login lepas dari hak konsesi yang diberikan Dorna kepada Yamaha dan Honda agar bisa bangkit dari keterpurukan sejak proyek pengembangan mereka tersendat akibat pandemi Covid-19.
“Mereka mendapatkan konsesi, kan. Coba bayangkan, jika mereka tidak mendapatkan konsesi, mereka sudah entah di mana,” kata komentator TNT Sports, Neil Hodgson, dikutip Bolasport dari Crash.net.
“Tetapi, mereka telah melakukan pengujia pekan lalu di Misano, Italia.”
“Bayangkan jika Ducati sekarang punya kesempatan untuk melakukan tes dengan pembalap utama mereka, dengan spesifikasi mesin berbeda, mampu mencoba aero, bayangkan seberapa jauh mereka melesat.”
“Tetapi mudah untuk melupakan itu.”
“Tentu kita bertepuk tangan untuk pabrikan Jepang yang bisa mempertipis kesenjangan, tetapi ingat bahwa mereak diberi kesempatan,” tambahnya.
Di satu sisi, Hodgson merasa senang dengan kemampuan Yamaha dan Honda memanfaatkan kesempatan dari menjadi tim konsesi.
Memudarnya dominasi Ducati juga bisa berefek baik bagi kompetisi MotoGP agar tidak membosankan.
Selain itu, penawaran untuk para calon rookie juga lebih beravriasi, tidak melulu melihat paddock Si Merah Borgo Panigale dan satelit mereka lagi.
“Tidak ada yang mau lihat satu pabrikan mendominasi, jadi ini sangat positif,” kata Hodgson.
“Akan ada lebih banyak langkah maju di musim depan, lalu kita akan mengalami perubahan regulasi (turun cc di tahun 2027).”
“Sekarang bila Anda yang mau debut di MotoGP, bersyukurlah karena sudah ada banyak opsi lain.”
“Berbeda dari musim-musim sebelumnya ketika banyak yang berpikir ‘Saya harus ke skuad Ducati atau saya tidak akan pernah menang’,” ucap Hodgson.
Sampai saat ini, bursa transfer MotoGP 2026 masih adem ayem.
Namun empat spot yang belum terkonfirmasi memancing rasa penasaran terkait apakah akan diisi para rookie atau pindahnya pembalap dari tim sebelumnya.
Empat spot itu berasal dari posisi milik Johann Zarco (LCR Honda Castroi) yang kontraknya akan berakhir pada tahun ini, Jack Miller (Prima Pramac Yamaha) dan Franco Morbidelli (VR46) yang hanya dikontrak semusim, dan Luca Marini (Honda HRC Castrol) yang juga akan masuk tahun terakhir dia musim ini.
oke128
Slot demo